Sabtu, November 28, 2009

RUANG BAKAT SESEORANG

Kita mendengar kalau bakat adalah bawaan sejak lahir, ato sering dibilang sudah dari cetakan sono he..he.... , da juga yang bilang itu keturunan klo emaknya atobabehnya pinter melukis ya... anaknya juga gtu.., Allah menciptakan manusia dianugrahi dengan kelebihan dan skill. eitt...........menurut Howard Gadner seorang pakar ilmu psikologi dalam teorinya menyatakan bahwa bakat setiap manusia tue terdapat 8 ruang kecerdasan ato bahasa psikologi nya tue Multiple intellegence ato bisa disebut juga kecerdasan majemuk. Nah sekarang ruang bakat tersebut bertambah lagi 2 nah jadi sekarang ada 10 ruang bakat.

  1. kecerdasan metematis, biasana nie kecenderungan yang suka ama hitung-hitungan.
  2. kecerdasan dalam berbahasa ini yang membuat kenapa seseorang mahir dalam menulis dan berbicara nie cocokna pada pekerjaan seperti jurnalis, penulis, wartawan de el el.
  3. Kecerdasan logika, pasna klo yang pnya kecerdasan nie tue jadi ilmuan, pengamat, guru, dll.
  4. kecerdasan spasial-visual yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan bentuk dan warna. Nie cocokna jadi designer, arsitek, seni rupa.
  5. kecerdasan interpersonal yaitu kecerdasan yang pandai membuka hubungan dengan orang lain. Nah nie cocokna jadi penyiar radio atau TV, MC, sekretaris de el el.
  6. kecerdasan intrapersonal kecerdasan ini bermaksud klo dia peka akan dirinya sendiri, menginstropeksi diri dan juga merenung. Biasana yang cocok tue profesi pada psikolog, filosuf, konselor.
  7. kecerdasan musikal. Ini hubungannya sama paduan harmonisasi bunyi. Nie yang wajib ada pada orang-orang yang ada pada dunia musik.
  8. kecerdasan kinestetik yaitu gerak jasmani. Biasana profesi yang tepat adalah olahragawan, pelatih jasmani.
  9. nah berikutnya adalah kecerdasan yang baru di temukan yaitu kecerdasan spiritual,trus kecerdasan finansial yaitu kecerdasan dalam mengelola keuangan.
So kita musti tetap semangat ya...!!
jadi inget nie kata ka ifa avianty dalam bukunya Be A Happy Teenager gini dalam dalam mengasah bakat sehingga jadi minat yaitu dengan teguhkan hati, mentapkan niat, dorong dengan usaha yang giat, dan doa yang khusyu’, insya Allah ada jalannya eeeemmmm ada satu lagi pa ya... oiya.. ukur kemampuan.!!!. ^_*.

0 komentar:

Posting Komentar