Minggu, Desember 05, 2010

MUXLIM Jejaring Sosial Moslem Style

Jaringan sosial Muxlim mirip Facebook (FB), Perlu sobat ketahui bahwa muxlim bukan situs agama, tapi situs yang berfokus  gaya hidup muslim.. Muxlim terutama dikenal sebagai situs jejaring sosial bagi Muslim yang difokuskan pada aspek gaya hidup masyarakat. Didirikan pada tahun 2006 oleh Mohamed El-Fatatry dan Pietari Päivänen Finlandia, perusahaan diciptakan sebagai jaringan gaya hidup Muslim media sosial dengan fokus utama pada umat Islam di negara-negara Muslim minoritas. Perusahaan ini juga dikenal untuk menyediakan jasa pemasaran pintu gerbang ke pasar konsumen Muslim global, memanfaatkan Muxlim.com sebagai landasan untuk pesan pemasaran oleh perusahaan-perusahaanglobal.
pembuatan situs Muxlim adalah agar teknologi informasi menjadi bagian gaya hidup muslim. Jadi Apa bedanya dengan gaya hidup orang lain? Mohamed el-Fatatry mengatakan bahwa gaya hidup muslim lebih kaya dan beragam dibandingkan gaya hidup kalangan lain.
bertutur kata dalam situs muxlim juga harus sopan. sehingga jika ada perkataan kata-kata kotor atau berbau porno, maka sensor akan bekerja. Selain itu membuka kesempatan juga bagi anggota Muxlim untuk bertukar pikiran tentang tema-tema yang bukan masalah agama semata.
Melalui Muxlim El-Fatatry masuk sebagai salah satu orang yang paling berpengaruh di dunia pada edisi majalah TIME 2008. BBC menyebut Muxlim sebagai salah satu situs jejaring sosial yang tumbuh paling cepat di dunia. Jadi ada kemungkinan Muxlim akan menggeser situs berbasiskan komunitas muslim seperti Mecca.com dan Islamicaweb.com.
Di saat bisnis lain mengalami krisis keuangan global, Muxlim justru mengalami peningkatan. Menurut El-Fatatry, bisnis yang lebih mengarah pada komunitas spesifik menjadi pegangan utamanya. Harian ternama Inggris Guardian memuji El-Fatatry sebagai pengusaha muda yang memiliki pengalaman sangat mengesankan karena membalut teknologi dengan Islam secara kreatif.
Pada tahun 2008 lalu, surat kabar terkemuka Finlandia Helsingin Sanomat memasukkan Muxlim Inc dalam 100 perusahaan tersukses di negara itu. Majalah teknologi terkemuka di Amerika Serikat (AS) juga menobatkan Muxlim sebagai salah satu best tech start-ups dari Eropa.
Ann Mack, Direktur JWT, perusahaan analisis tren yang berbasis di New York, mengaku terkejut dengan perkembangan Muxlim yang sangat pesat. “Ini menunjukkan bahwa ada komunitas global yang kecewa dengan merek ternama. Padahal mereka memiliki uang. Merekalah yang tidak disasar oleh pasar-pasar merek besar,” katanya.
El-Fatatry mendapatkan inspirasi membuat Muxlim ketika dia melihat situs Islami tidak berinovasi. Sadar investasi di bidang teknologi memiliki dukungan modal kuat, dia pun mencari investor. Salah satu investor yang tertarik adalah Pietari Paivanen, investor yang fokus pada pengembangan teknologi.
Fitur-fitur yang ditawarkan situs jejaring sosial yang diluncurkan pada Desember 2006 ini memang sebanding dengan situs jejaring lain. Mulai dari video, berita, gambar, blog, dan chatting. Yang membedakan, Muxlim menawarkan konsep situs jejaring sosial dengan sentuhan Islami. Salah satu fitur paling digemari adalah Quran.Muxlim.com. Dengan fasilitas itu, kita bisa mendapatkan terjemahan Alquran dalam 25 bahasa.

Sumber :
http://dinarstandard.com/innovation/Muxlim022807.htm
http://awamologi.wordpress.com/2009/04/02/muxlim-%E2%80%9Cfacebook%E2%80%9D-versi-muslim/

http://en.wikipedia.org/wiki/Muxlim

1 komentar: