Rabu, Desember 02, 2009

IDHUL ADHA MUBARAK

           Idul adha yang merupakan hari raya umat islam sedunia, yang jatuh pada 10 Zulhijah. Suara takbir tak henti-hentinya di kumandangkan pada hari itu,rasa haru hingga meneteskan air mata.
di bulan ini kaum muslimin yang datang dari berbagai penjuru dunia melaksanakan rukun Islam yang kelima. Ibadah haji adalah ritual ibadah yang mengajarkan manusia dimata Allah adalah sama yang membedakannya adalah derajat ketakwaannya. Ibadah haji nampak islam sebagai agama yang tidak mengenal status sosial. Kaya, miskin, pejabat, rakyat, kulit hitam ataupun kulit putih semua memakai pakaian yang sama.
Pada hari itu, kaum muslimin dianjurkan melakukan shalat sunnah dua rokaat, selain itu juga dianjurkan untuk menyembelih binatang kurban bagi yang mampu. Anjuran berkurban ini berawal dari kisah penyembelihan Nabi Ibrahim kepada putra yang paling disayanginya yaitu Nabi Ismail.
Peristiwa ini memberikan kesan yang begitu mendalam, So gimana enggak, Nabi Ibrahim yang telah menunggu kehadiran buah hati selama bertahun-tahun ternyata diuji Allah untuk menyembelih putranya sendiri. Nabi Ibrahim dituntut untuk memilih antara melaksanakan perintah Tuhan atau mempertahankan buah hati dengan konsekuensi tidak mengindahkan perintahNya. Namun karena didasari ketakwaan yang kuat, perintah Allah pun dilaksanakan. Dan pada akhirnya, Nabi Ismail tidak jadi disembelih dengan digantikan seekor domba. kisah mengharukan ini diabadikan dalam al Quran surat al Shaffat ayat 102-109.
Kisah itu merupakan gambaran dari puncak kepatuhan dan ketaatan seorang hamba kepada Tuhannya. Nabi Ibrahim mencintai Allah melebihi segalanya, termasuk mengorbankan darah dagingnya sendiri. Kecintaan Nabi Ibrahim terhadap putra kesayangannya tidak menghalangi ketaatan kepada Allah. Semoga kita dapat mengembil pelajaran dan keteladanan dari kisah nabi Ibrahim ^_^
sumber : http://www.pesantrenvirtual.com/

0 komentar:

Posting Komentar